Baru dengan Ubuntu? Ini yang Wajib Kalian Tau

Untuk kalian yang baru mencicipi linux ubuntu maupun turunananya seperti linux mint, kubuntu, edubuntu, zorin OS, dan sebagainya, berikut adalah beberapa pengetahuan yang wajib kalian tau, khususnya untuk kalian yang baru bermigrasi ke os linux. 

 1. Terminal


Apasih terminal itu? Terminal ada pada semua distro linux, ya ada sih linux yang ga ada terminalnya, biasanya didesain hanya untuk pemakaian biasa saja. Fungsi terminal ini yaitu sama seperti cmd pada windows. diterminal ini kita dapat membuat, menghapus, mengganti nama pada file, bisa juga melakukan konfigurasi, dan sebagainya. Cara buka terminal gimana? Pada Ubuntu, dengan menekan Ctrl + Alt + T, namun pada turunannya bisa dicari aja di menunya.


2. Sudo apt-get update dan Sudo apt-get dist-upgrade.

Apaan sih itu? Pertama kita akan membahas "sudo apt-get update" dulu ya. Perintah itu akan berjalan bila kita menuliskannya pada terminal. Fungsinya untuk apa? Fungsinya adalah untuk mengupdate list atau daftar aplikasi yang berada pada repository. Repository? Apa lagi itu? Itu ya semacam file yang berisi nama paket aplikasi yang bisa di unduh dan diinstall pada ubuntu.

Selanjutnya kita akan membahas "sudo apt-get dist-upgrade". Fungsinya adalah untuk melakukan update aplikasi yang terinstall pada ubuntu. Bagaimana cara menggunakannya? Pertama buka dulu terminal, lalu ketikkan "sudo apt-get update" dulu untuk mengupdate repository agar saat kita melakukan update aplikasi kita mendapatkan versi terakhir dari paket - paket yang tersedia. Lalu ketikkan "sudo apt-get dist-upgrade", nah terus jawab y untuk yes dan n untuk no.


3. Sudo su

Sudo su adalah perintah yang apabila kita masukkan pada terminal akan membuka akses root pada ubuntu. Berguna untuk apa akses root? ya dengan akses biasa kita akan memiliki batasan dalam memanajemen file sistem pada ubuntu, tapi dengan akses root kita akan mendapatkan akses penuh, jadi bisa utak - atik ubuntunya deh. tapi hati - hati ya, jangan hapus file sistem, nanti ubuntunya ga jalan wkwkwk


4. Cara install aplikasi berekstensi .deb?

Bila kamu mendapati aplikasi ubuntu dengan ekstensi .deb dan kamu akan menginstallnya maka cukup buka terminal lalu menuju ke direktori ke tempat file berada dengan menggunakan perintah "cd namafolder" pada terminal, bila terminal sudah berada pada direktori tempat file .deb berada ketikkan saja "sudo dpkg -i namafile.deb" lalu enter deh. 

Mudah kan? nah gimana kalo ternyata file .deb nya ga cuma satu? tidak jarang aplikasi ubuntu memerlukan paket - paket lain untuk mendukung aplikasi itu. Pasti akan memakan waktu kalo satu - satu kita installnya, untuk menginstall file.deb yang banyak sekaligus cukup gunakan perintah "sudo dpkg -i *.deb" pada terminal, maka terminal akan menginstall semua file .deb pada direktory tersebut.


5. Cara install aplikasi gimana?

Cara 1:

Dengan menggunakan aplikasi bawaan ubuntu yaitu ubuntu software center. Cari aja di dash, ketikkan ubuntu software center maka akan ada aplikasi semacam play store gitu lah kalo di android. jadi tinggal pilih dan klik install

Cara 2:
Dengan menggunakan terminal. Caranya adalah buka terminal lalu ketikkan "sudo apt-get install namaaplikasi". Untuk yang masih baru menggunakan ubuntu akan mengalami bingung pada cara ini untuk mengetahui nama aplikasinya wkwk Maka saya sarankan pakai cara 1 aja yaa.

Cara 3:
Dengan menggunakan tips pada nomor 4. Jadi gausah dibahas lagi ya, nanti pusing haha..


6. Cara hapus aplikasi yang terinstall?

Cara 1:
dengan menggunakan aplikasi ubuntu software center. cari aja di daftar aplikasi yang telah terinstall, lalu remove deh. Mudah kaan?

Cara 2:
Dengan menggunakan terminal. Caranya buka terminal, lalu ketikkan "sudo apt-get purge namaaplikasi"


Oke sekian dari saya, semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Tahap pengujian pada fase pemrograman

Jenis - jenis COCOMO

Estimasi berdasarkan sejarah