Menjadi Programmer dengan Linux?


"Menjadi Programmer dengan Linux?  Emangnya bisa? Linux kan sistem operasi gratisan, meragukan..."

Ya quote diatas adalah pendapat saya saat baru saja mengambil kuliah jurusan sistem informasi dimana pada jurusan itu banyak mata kuliah pemrograman. Namun quote itu berubah menjadi :

"Menjadi Programmer dengan Linux? 100% bisa!"

Mengapa?
Karena di linux terdapat banyaaaaak sekali software untuk koding dan pastinya banyak yang GRATIS! iya gratis. Apa buktinya? berikut adalah buktinya :


1. Buat aplikasi android dengan apa?

Android

Untuk membuat aplikasi android saya sarankan untuk menggunakan Android Studio. Mengapa? karena ini adalah software yang didukung langsung oleh google, jadi kalian akan dengan mudah udah mendapatkan API support terbaru yang telah disediakan Android.

2. Bekerja dengan bahasa pascal?

Hasil gambar untuk pascal

Dilinux kamu dapat menggunakan Free Pascal, atau bila kamu mencari pengganti Delphi kamu bisa menggunakan Lazarus. Untuk kalian yang terbiasa menggunakan Delphi,  kalian pasti akan merasa familiar dengan Lazarus. Lazarus ini free loh, tetapi meskipun free Lazarus ini tidak kalah handalnya dengan yang Delphi loh. Saya sudah merasakannya sendiri hihi

3. Berkerja dengan Java?

Hasil gambar untuk java

Kalo ini sih sudah tidak usah dipusingkan lagi ya, ya memang Java mendukung banyak platform os, bahkan dia dikategorikan bahasa pemrograman yang tidak sangat independent. Dilinux, java juga menyediakan versi linuxnya juga, jadi tidak ada yang berubah seperti dios lainnya.

4. Bekerja dengan Basic?

Hasil gambar untuk gambas3

Basic itu bahasa yang emang dibuat untuk microsoft, jadi ya wajar ya kita akan sedikit kesulitan bila bekerja dengan linux. Tetapi adaloh software yang bahasanya mendekati basic, yaitu Gambas. Gambas ini bisa dibilang penggantinya Visual Basic lah ya di linux.

5. Bekerja dengan PHP & MySQL? 

Hasil gambar untuk xampp

bekerja dengan PHP atau pun MySQL sangat - sangat bisa di linux. Saya sih menyarankan untuk menggunakan XAMPP, karena kita tidak perlu ribet - ribet setting ini itu hehe..

6. Bekerja dengan Python

Hasil gambar untuk Python programming

Ini juga sangat -  sangat bisa ya. Bila kita mempelajari Phyton di Linux (disini saya baru menggunakan turunan Ubuntu) kita tidak perlu lagi untuk menginstall Phython, karena dalam sistem linux sudah ada compiler dari Phyton ini.

7. Bekerja dengan C/C++?

Hasil gambar untuk c c++

Di linux, kamu dapat menggunakan Codeblocks atau GCC di linux. Linux itu power full kan? hihi

8. Bekerja dengan COBOL?

Itu tetap mungkin, kamu dapat menggunakan OPEN COBOL untuk bekerja dengan COBOL di Linux.

Dan masih banyak lagi, hanya saja saya baru mempelajari bahasa pemrograman seperti yang saya sebutkan diatas saja. Cukup sekian ya, semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Tahap pengujian pada fase pemrograman

Estimasi berdasarkan sejarah

Jenis - jenis COCOMO